Thursday, January 24, 2013

Cara Membuat Batik Modern



Cara Membuat Batik Modern - Batik telah di kenal di seluruh penjuru Nusantara dan juga Internasional. Tapi, sebagai bangsa Indonesia yang erat kaitannya dengan kain batik ini tidak cukup hanya mengenalnya saja, kita sebaiknya tahu bagaimana cara membuatnya. Di sini kita akan membahas bagimana langkah-langakah dalam membuat batik modern.



Sebelum mulai membatik, siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang di perlukan:
1.      Kain mori (biasanya terbuat dari kain sutra maupun kain katun)
2.      Canting (digunakan sebagai alat pembentuk motif batik modern)
3.      Gawangan (tempat yang di gunakan untuk menyampirkan kain)
4.      Lilin (dalam bentuk kondisi telah di cairkan)
5.      Kompor dan panci untuk memanaskan
6.      Pewarna


Selanjutnya kita akan bahas langkah-langakah apa saja yang kita lakukan untuk membuat batik modern:
1.      Langkah pertama pembuatan batik modern ialah membuat desain batik itu sendiri yang biasanya di sebut dengan molani. Anda bisa menentukan motif sesuai dengan selera anda. Sebenarnya ada dua macam batik yang ada di Indonesia, yaitu batik klasik yang berisi tentang simbol-simbol dan juga batik pesisiran yang memiliki ciri khas natural misalnya saja gambar bunga ataupun kupu-kupu. Gunakan pensil saat mendesain motif di atas kain.
2.      Langkah kedua pembuatan batik modern yakni meulik dengan lilin menggunakan canting dengan mengikiti pola motif batik yang telah di gambar dengan menggunakan pensil tadi.
3.      Tutupi bagian-bagain yang akan tetap berwarna putih ataupun tidak berwarna dengan menggunakan lilin. Aplikasikan lilin tersebut menggunakan cantingan atuapun kuas. Ini dilakukan agar pada saat pewarnaan, bagian yang tertutupi dengan lilin tidak ikut berwarna.
4.      Tahap selanjutnya yaitu pewarnaan bagian pertama dengan mencelupkan kain tersebut pada warna tertentu sesuai dengan keinginan.
5.      Setelah di jemur kemudian di keringkan
6.      Jika sudah kering, kembali lakukan proses melukis dengan lilin menggunakan canting untuk menutupi bagian yang akan di pertahankan pada pewarnaan yang pertama lalu lakukan proses pewarnaan yang kedua.
7.      Kemudian hilangkan lilin pada kain dengan cara melektakkan kain tersebut pada air panas di atas tungku
8.      Proses terakhir dengan mencuci batik kemudian mengeringkannya




Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, anda akan mendapatkan batik modern yang sesuai dengan keinginan anda.